Selasa, 05 Desember 2017

karya ilmiah penelitian kuantitatif

karya ilmiah penelitian kuantitatif

 PENGARUH PENGELOLAAN DIRI DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP KATOLIK MARSUDI SIWI MALANG-JAWA TIMUR

KARYA ILMIAH


OLEH

DOMISIANUS DERMIT JUA
NPM  2131000420135



  
IKIP BUDI UTOMO MALANG
FAKULTAS PENDIDIKAN ILMU SOSIAL DAN HUMANIORA
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI
2017





 PENGARUH PENGELOLAAN DIRI DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP KATOLIK MARSUDI SIWI MALANG-JAWA TIMUR




KARYA ILMIAH



Diajukan Kepada
Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Ikip  Budi Utomo Malang
untuk Memenuhi Salah Satu Persyaratan dalam Menyelesaikan
 Progeram Sarjana Pendidikan Ekonomi






OLEH
DOMISIANUS DERMIT JUA
NPM  2131000420135




IKIP BUDI UTOMO MALANG
FAKULTAS PENDIDIKAN ILMU SOSIAL DAN HUMANIORA
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI
2017



LEMBARAN PERSTUJUAN PEMBIMBING
Tugas Akhir Oleh Domisianus Dermit Jua
Telah diperiksa dan disetujui untuk diuji






Pembimbing,




Melisa Wahyu F., S.Pd,M.Pd


           
           



HALAMAN PENGESAHAN


Tugas Akhir Oleh Domisianus Dermit Jua
Telah diuji pada tanggal………


 Penguji                                                          




           
………………                   




              Mengetahui
             Dekan FPISH,                                                Ka. Prodi Ekonomi



Dra. Yulita Pujiharti M.Kes  .                             Melisa Wahyu F.,S.Pd,M.Pd






PERSEMBAHAN
Yang Utama Dari Segalanya
Sembah  sujud  serta syukur kepada TUHAN  Yang Maha Kuasa. Taburan cinta dan kasih sayang-Mu telah memberikanku kekuatan, membekaliku  dengan  ilmu  serta memperkenalkanku dengan cinta. Atas karunia serta kemudahan yang engkau berikan akhirnya tugas akhir yang sederhana ini dapat terselesaikan.
Trimaksi ya TUHAN ku…..

Kupersembahkan karya sederhana ini kepada orang yang sangat kukasihi dan kusayangi:

Bapak dan Mama, Serta Adik Saya Tercinta

      Sebagai tanda bakti, hormat, dan rasa terima kasih yang tiada terhingga kupersembahkan karya kecil ini kepada bapak  dan  mama, kakak  serta  adik   saya yang telah memberikan kasih sayang, segala dukungan, dan cinta kasih yang tiada terhingga yang tiada mungkin dapat kubalas hanya dengan selembar kertas yang bertuliskan kata cinta dan  persembahan. Semoga ini menjadi  langkah  awal untuk membuat  mereka bahagia, karna saya  sadar  selama ini belum bisa berbuat yang lebih. Untuk bapak, mama, dan kedua adiku (Rut dan Risno) serta kekasihku (Jiang Jelson) yang selalu membuat saya termotivasi dan selalu menyirami kasih sayang, selalu mendoakan, selalu menasehati saya untuk menjadi lebih baik,
Terima Kasih Bapak & Mama… Terima kasih Adikku.

Keluarga Tercinta
Terima kasih atas dukungan selama ini. Doa, support dan nasihat kalian semua sangat memotivasi saya sehingga saya tetap semangat dan tidak putus asa. Saya tidak  akan melupakan jasa kalian semua.
Terima kasih keluargaku


Saudaraku Yang Ada Di Malang
Buat saudara saya terima kasih atas bantuan, doa, nasehat, hiburan,   dan semangat yang kalian berikan selama ini , saya takan melupakan semua yang telah kalian berikan selama ini.
ORGANISASI FK3M
Terima kasih atas dukungan, bantuan serta motifasi selama ini. Kebersamaan kita sangatlah penting sehingga bisa saling mengingatkan, mendorong kearah yang lebih positif.
Saya akan tetap rindu kebersamaan kita….

Bpk/Ibu Dosen Serta Teman-teman  Angkatan 2013
Terima kasih banyak untuk bantuan dan kerja samanya selama ini. Serta semua teman-teman se-bimbingan sudah membantu selama penyelesaian tugas akhir ini.













MOTTO

 KESUKSESAN HANYA DAPAT DI RAIH DENGAN SEGALA UPAYA DAN USAHA YANG DISERTAI DENGAN DOA, KARENA SESUNGUNYA NASIB SESEORANG TIDAK AKAN BERUBAH DENGAN SENDIRINYA TANPA BERUSAHA.

By: DOMISIANUS DERMIT JUA







ABSTRAK
Domisianus Dermit Jua, 2017. Pengaruh Pengelolaan Diri dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMPK Marsudi Siwi Malang Tahun Pelajaran 2017/2018. Karya Ilmiah, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Pendidikan Ilmu Sosial dan Humaniora, IKIP Budi Utomo Malang. Pembimbing: Melisa Wahyu F.,S.Pd,M.Pd
Kata Kunci: Pengelolaan Diri, Disiplin BelajarPrestasi Belajar Siswa.
Prestasi belajar merupakan indikator  yang penting untuk mengukur keberhasilan proses belajar mengajar. Akan tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa tinggi rendahnya prestasi belajar siswa banyak dipengaruhi oleh faktor-faktor lain  disamping proses pengajaran itu sendiri. Prestasi belajar tidak hanya dipengaruhi oleh pengelolaan diri tetapi juga dipengaruhi oleh disiplin belajar. Pengelolaan diri berkaitan dengan pembangkitan diri baik pikiran, perasaan serta  tindakan yang direncanakan dan adanya timbal balik yang disesuaikan pada pencapaian tujuan personal. Disiplin belajar adalah suatu kondisi yang tercipta dan terbentuk melalui proses dari serangkaian perilaku seseorang yang sesuai dengan peraturan atau tata tertib untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya.
Permasalahan dalam  penelitian ini adalah bagaimanakah pengelolaan diri  siswa kelas VIII SMPK Marsudi Siwi Malang, Tahun Pelajaran 2017/2018 dan bagaimanakah  pengaruh  disiplin belajar terhadap prestasi belajar  siswa kelas VIII SMPK Marsudi Siwi Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan diri siswa kelas VIII SMPK Marsudi Siwi Malang dan apakah ada pengaruh antara disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMPK Marsudi Siwi Malang
Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif, yaitu berkenaan dengan pertanyaan terhadap keberadaan variabel mandiri, baik hanya pada satu variabel atau lebih. Bertujuan untuk melihat sejauh mana pengaruh antara satu variabel dengan variabel lainnya. Di dalam penelitian ini peneliti mencari pengaruh antara pengelolaan diri dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMPK Marsudi Siwi Malang tahun pelajaran 2017/2018 Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPK Marsudi Siwi Malang, Tahun Pelajaran 2017/2018, yang berjumlah 45 siswa yang terdiri dari 2 kelas. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel penelitian ini adalah apabila subyek kurang dari 100, maka seluruh populasi sebaiknya diteliti. Maka sampel dalam penelitian ini adalah 45 siswa yang terdiri dari 2 kelas. Variabel dalam penelitian ini adalah pengelolaan diri dan disiplin belajar sebagai variabel bebas dan prestasi belajar sebagai variabel terikat. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik kuesioner (angket) dan dokumentasi .
Hasil pengujian dengan menggunakan program SPSS 21 for windows diketahui pengelolaan diri, siswa berpengaruh signifikan terhadap  prestasi  belajar siswa kelas VIII SMPK Marsudi Siwi Malang, serta pengelolaan diri dan disiplin belajar bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar sebesar 39,4%. Sedangkan pengaruh sisanya yang sebesar 60,6% dijelaskan oleh variabel lain di luar persamaan regresi atau yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dan urutan variabel bebas  dari yang paling berpengaruh adalah disiplin belajar
Disiplin Belajar (X2)      :0,382
Pengelolaan Diri (X1)     :0,342


KATA PENGANTAR

Puji dan syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat dan kasih karunia-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan karya ilmiah ini dengan baik.
            Penulisan karya ilmiah ini merupakan salah satu syarat untuk mengikuti ujian akhir guna memperoleh gelar Sarjana Pendidikan Ekonomi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Budi Utomo Malang.
Dalam penyusunan karya ilmiah ini penulis menyadari bahwa tanpa bimbingan dan dorongan dari semua pihak, maka punulis tidak mungkin akan menyelesaikan karya ilmiah ini tepat waktu, oleh karena itu pada kesempatan ini penulis ingin menyampaikan ucapan terima kasih kepada:
1.      Drs. Mukarom, M.Hum selaku Rektor IKIP Budi Utomo Malang.
2.      Dra. Yulita Pujiharti M.Kes  selaku Dekan FPISH IKIP Budi Utomo Malang
3.      Melisa Wahyu F.,S.Pd,M.Pd selaku Ketua Jurusan Ekonomi
4.      Bpk …………..selaku Penguji Utama yang telah memberikan bimbingan, arahan, dan saran kepada penulis selama penyusunan karya ilmiah
5.      Ibu Melisa Wahyu F.,S.Pd,M.Pd selaku dosen pembimbing yang telah memberikan bimbingan, arahan, dan saran kepada penulis selama penyususunan karya ilmiah
6.      Bapak dan Ibu Dosen Pendidikan Ekonomi, selaku pengajar selama penulis menempuh studi di kampus IKIP Budi Utomo Malang.
7.      Kedua orang tua tercinta yang dengan penuh pengorbanan, kesetiaan dan kasih sayang telah membesarkan, membimbing, mendidik dan membiayai penulis selama studi dan selalu mendukung dalam doa demi keberhasilan studi.
8.      Bapak-Ibu dan saudara-saudara penulis, yang telah memberikan dukungan atau motivasi serta moril dan do’a kepada penulis hingga penulis memperoleh kekuatan batin selama ini.
9.      Untuk teman-teman pendidikan Ekonomi angkatan 2013, terima kasih atas bantuan dan dukungannya.
Dengan segala keterbatasan, penulis menyadari bahwa karya ilmiah ini masih jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu saran dan kritik yang bersifat membangun sangat penulis harapkan demi sempurnanya karya ilmiah ini.
Akhirnya, semoga karya ilmiah ini dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan pembaca pada umumnya.


 Malang, Juli 2017

         Penulis





DAFTAR ISI

                                                                                                                   Halaman
Halaman Sampul............................................................................................ i
Lembar Logo................................................................................................. ii
Halaman Judul............................................................................................... iii
Lembar Persetujuan....................................................................................... iv
Halaman Pengesahan..................................................................................... v
Halaman Persembahan................................................................................... vi
Motto............................................................................................................. viii
Abstrak.......................................................................................................... ix
Kata Pengantar.............................................................................................. x
Daftar Isi........................................................................................................ xii
Daftar Tabel................................................................................................... xiv
Daftar Lampiran............................................................................................ xv
BAB I  PENDAHULUAN.......................................................................... 1
1.1. Latar Belakang....................................................................................... 1         
1.2. Rumusan Masalah.................................................................................. 4
1,3. Tujuan Penelitian................................................................................... 5
1.4. Rumusan Hipotesis................................................................................ 5
1.5. Kegunaan Penelitian.............................................................................. 6
1.6. Ruang Lingkup...................................................................................... 6
1.7.  Definisi Operasional............................................................................. 7
BAB II KAJIAN PUSTAKA..................................................................... 9
2.1. Pengelolaan diri..................................................................................... 9
2.2. Disiplin belajar....................................................................................... 13       
2.3. Prestasi Belajar...................................................................................... 18
2.4. Penelitian Yang Relevan....................................................................... 22
BAB III METODE PENELITIAN............................................................ 26
3.1. Metode Penelitian.................................................................................. 26
3.2. Variabel.................................................................................................. 26
3.3. Populasi dan Sampel.............................................................................. 28
3.4  Instrumen............................................................................................... 29       
3.5. Teknik Pengumpulan Data..................................................................... 32
3.6. Teknik Analisis Data.............................................................................. 33
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN ANALISIS DATA...................... 36
4.1. Deskripsi Sekolah SMPK Marsudi Siwi Malang.................................. 36
4.2. Aasil Analisa Data................................................................................. 39
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN..................................................... 46
5.1. Kesimpulan............................................................................................ 46
5.2. Saran...................................................................................................... 47
DAFTAR PUSTAKA................................................................................. 48
LAMPIRAN................................................................................................. 49






DAFTAR TABEL
                                                                                                                      
                                                                                                                    Halaman
Tabel 3.1 Populasi Siswa Kelas VIII SMPK Marsudi Siwi.......................... 29
Tabel 3.2 Kisi-kisi Instrumen Penelitian........................................................ 31
Tabel 4.1 Hasil Uji Regresi Linier Berganda................................................. 39
Tabel 4.2 Koefisien Determinasi (R2)............................................................ 42
Tabel 4.3 Hasil Uji Simultan (Uji F).............................................................. 43
Tabel 4.4 Hasil Uji Parsial (Uji T).................................................................. 44
Tabel 4.5 Ringkasan Hasil Analisis Regresi................................................... 45
Tabel Angket Pengelolaan Diri (X1)............................................................. 52
Tabel Angket Disiplin Belajar (X2)............................................................... 54
Tabel Angket Prestasi Belajar (Y)................................................................. 55

















DAFTAR LAMPIRAN

                                                                                                                  Halaman
Lampiran 1 Dokumentasi............................................................................... 50
Lampiran 2 Angket........................................................................................ 52
Lampiran 3 Output SPSS.............................................................................. 56
Lampiran 4 Frekuensi Jawaban Responden................................................... 68
Lampiran 5 Data Hasil Penisian Angket........................................................ 72
Lampiran 6 Nilai Rapor Kelas Viii Tahun Pelajaran 2016/2017.................... 77
Lampiran 7 Surat Pernyataan Keaslian Tulisan............................................. 79
Lampiran 8 Surat Izin Penelitian................................................................... 80
Lampiran 9 Surat Telah Melakukan Penelitian.............................................. 81
Lampiran 10 Daftar Riwayat Hidup.............................................................. 82

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar